SUKSESI PISCES

3:46:00 PM

Pisces dibagi menjadi kelompok Chondrichthyes dan Osteichthyes. Cohen (1970) menyatakan bahwa ada 555 jenis chondrichthyes dan 19.135-20.980 Osteichthyes. Jumlah ini jauh banyak dari seluruh vertebrata yang ada karena kurang lebih 80% permukaan bumi tertutup air. Ada beberapa spesies ikan yang hidup di air tawar dan hidup di air asin. 


Secara keseluruhan ikan lebih toleran terhadap perubahan suhu air, beberapa spesies mampu hidup pada suhu air mencapai 29°C, sedangkan jenis lain dapat hidup pada suhu air sangat dingin, akan tetapi kisaran toleransi suhu umumnya terbatas. Ikan air tawar yang hidup di sungai yang suhunya -4°C, pada hakekatnya suhu tubuh ikan sama dengan suhu air sungai itu atau dengan kata lain disebut endotermik adapula yang menyebut poikilotermik, artinya suhu tubuh sangat tergantung dengan suhu lingkungan.

Kelas Chondrihtyes
            Ikan adalah anggota vetebrata poikilotermik (berdarag dingin) yang hidup di air dan bernafas dengan insane. Ikan merupakan kelompok vetebrata yang paling beranekaragam dengan jumlah spesies lebih dari 27.000 di seluruh dunia. Secara taksonomi ikan tegolong kelompok paraphyletic yang hubungan kekerabatannya masih di perdebatkan.
Chondrichtyes memiliki tulang kartilago, cranium sempura, prgan pembau dan kapsul tergabung menjadi satu. Kartilago palate-quadrat dan kartilgo Meckel adalah tulang rawan yang akan membentuk rahang atas dan rahang bawah. Kelas chondrihthyes yaitu ikan-ikan yang kerangkannya berupa tulang rawan dan sesungguhnya tulang rawan ini bukan menunjukkan keprimitifannya melainkan cirri sekundernya. Ciri-ciri chondrihthyes diantaranya yaitu:
1.        Rangka tulang rawan
2.        Ada yang bersisik dan ada pula yang tidak bersisk
3.        Celah insang ada satu pasang, lima pasang dan tujuh pasang
4.        Letak celah insang lateral dan ventral
5.        Mulut terletak pada sisi ventral
6.        Ada yang mempunyai spirakulum dan ada yang tidak
7.        Sirip berpasangan
8.        Tidak memiliki gelembung udara
9.        Lubang hidung sepasang

Kelas ini mencakup 2 sub kelas yaitu Elasmobanchi yang di bedakan atas
ordo Squaliformes dan ordo Rajiformes, serta subkelas Holocephali. Ordo Squaliformes mencakup semua jenis ikan hiu dan ikan pari yaiu dalam hal letak celah insang, perlekatan sirip dadan dan wujud dari ekornya. Subkelas Holocephali mencakup jenis ikan langka yang disebut ikan tikus. Ikan ini tidak mirip dengan ikan hiu ataupun ikan pari dalam ha bentuk tubuh dan jumlah insangnya. Ada juga spesies ikan hiu dan ikan pari.

1.      Carcharias sp.

    
                                      
Literatur Carcharias sp.                                  specimen Carcharia sp.
Klasifikasi Carcharias sp.
Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Classis
: Chondrichthyes
Ordo
: Lamniformes
Familia
: Galeorhinidae
Genus
: Carcharias
Species
: Carcharias sp.

Deskripsi :
            Ikan hiu Carcharias melanoptera  termasuk ke familia Galeorhinidae ,hidup di samudera dan lautan di seluruh dunia dan beberapa tumbuh dalam air tawar. Mereka tinggal di sebagian besar semua dan suhu kedalaman laut. ikan hiu Carcharias melanoptera mempunyai tubuh yang di lapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, dari parasit dan untuk menambah dinamika air. Ikan hiu rahangnya bersendi pada tulang posterior atau pada elemen hiomandibula dari lengkung insang ke-2. Umumnya alat gerak depan lebih rumit daripada belakang. Alat gerak pada ikan berupa sirip. Tulang di bagian ventral dari pusat sirip ikan hiu disebut korakoid, sedangkan yang memanjang kearah dorsal di bagian tepi sirip disebut scapula. Tulang gigi kelompok ikan hiu ini berasal dari dermal. Sirip pada ikan pari merupakan modifikasi dari beberapa tulang gigi yang hilang. Tulang-tulang bagian panggul pada ikan lebih sederhana daripada bagian gelang bahu dan hampir melekat pada vertebralis. Gigi pada hiu berada di gusi tidak menempel di rahang secara langsung dan gigi tersebut dig anti setiap waktu. Tingkat pergantian gigi ikan hiu bervariasi dari 7-8 hari sampai beberapa bulan. Sirip hiu memiliki bentuk yang memanjang dan lembut serta tidak bersegmen, yang bernama ceratotrichia, keratin elastic yang menyerupai tanduk diambut dan bulu. 

2.      Himantura sp.

                      












Gambar 2                                                         Gambar 1
Literatur   Himantura sp.                          Specimen Himantura sp.

Klasifikasi Himantura sp.

Kingdom
: Animalia
Phylum
: Chordata
Classis
: Chondrichthyes
Ordo
: Rajiformes
Familia
: Aetobatidae
Genus
: Himantura
Species
: Himantura sp.
                                                                                                                                   
Deskripsi:                                                                                                                               
                                                                                                                                               
            Ikan pari termasuk dalam sub Elasmobranchii, yaitu ikan yang bertulang rawan dan cartilages (Stevens,1994) ikan pari mempunyai bentuk tubuh gepeng melebar(depressed) dimana sepasang sirip dada (pectoral) nya melebar dan menyatu dengan sisi kiri- kanan kepalanya, sehingga tampak atas dan tampak bawah terlihat bundar atau oval. Ikan pari mempunyai ekor yang sangat berkembang(memanjang) menyerupai cemeti. Pada beberapa spesies, ekor ikan pari dilengkapi duri penyengat ‘sting rays’, mata ikan umumnya terletak di kepala bagian samping. Posisi celah insang adalah dekat mulut di bagian bawah (ventral). Ikan pari jantan dilengkapi sepasang alat kelamin disebut ‘clasper’ letaknya  di pangkal ekor . ikan pari betina umumnya berbiak secara melahirkan anak (vivipar) dengan jumlah anak 5-6 ekor.

Kelas Ostechthyes
            Secara umum tubuh ikan bertulang sejati (Ostechthyes) dan sudah mempunyai gigi, tubuhnya terdiri atas kepala, badan, dan ekor, pada kepala terdapat fovea nasalis yang tidak berhubungan dengan rongga hidung, sehingga tidak dapat digunakan untuk bernapas, melainkan hanya untuk membau karena fovea nasalis terdapat saraf pembau. Celah insang terdapat di sisi kiri dan kanan faring, dan terlindungi oleh tutup insang, tubuh terlindungi oleh kulit yang transparan dan berlendir. Umumnya tubuh ikan tertutup sisik yang merupakan eksoskeleton bagi ikan, dan berbentuk melalui proses osifikasi, alat geraknya berupa sirip yang berpasangan, sirip punggung digunakan sebagai alat keseimbangan, dan sirip ekor sebagai kemudi, suhu tubuh ikan selalu berubah-ubah sesuai dengan suhu lingkungannya (poikiloterm), jantung terdiri dari dua ruang, satu serambi dan satu bilik.

3.      Oreochromis niloticus



             
                 Gambar 1                                                            Gambar 2
Literatur Oreochromis niloticus                            spesimen Oreochromis niloticus
Klasifikasi Oreochromis niloticus
Kingdom
: Animlia
Phylum
: Chordata
Classis
: Osteichthyes
Ordo
: Perciformes
Familia
: Chiclidae
Genus
: Oreochormis
Species
: Orechormis niloticus

 Deskripsi:
            Pada ikan nila memiliki ciri umum dengan bentuk tubuhnya memanjang dan rampin. Sisik ikan nila berukuran relatif besar, matanya menonjol dan besar dengan tepi berwarna putih. Ikan nila mempunyai lima buah sirip yaitu dorsal(punggung), pectoral(dada), ventral(perut),anus, dan caudal (ekor).  Pada sirip dubur(anal) memiliki 3 jari jari keras dan 9 jari-jari sirip lema. Sirip ekornya(caudal) 15 sirip jari-jari lemah. Sirip punggun(dorsal) memiliki 17 jari-jari sirip keras dan 12 jari-jari sirip lemah. Sirip dadanya(pectoral) memiliki 12 jari-jari sirip lemah. Sirip perut(ventral) memiliki 1 jari-jari sirip keras dan 5 jari-jari sirip lemah. Ikan nila juga memiliki sisik cicloid yang menutupi seluruh tubhunya, memiliki dua gurat sisi( linea linearis) di bagian atas dan tengah.
            Ikan nila merupakan ikan jenis tropis yang meyukai perairan dangkal. Ikan ini hidup di lingkungan air tawar, air payau, dan air laut. kadar garam air yang disukai antara 0-35 ppt. oleh karena itu, ikan nila dapat di budidayakan di perairan tawar, payau, tambak dan perairan laut. ikan nila memiliki bagian tubuh yang memanjang ramping dan relativ pipih. Sisinya besar dan kasar, bentuknya ctenoid, gurat sisi terputus-putus di bagian tengah badan ikan. Warna sisik abu-abu dan putih. Posisi mulut terletak di ujung mulut dan terminal. Pada sirip punggung terdapat jari-jari sirip punggung yang keras dan garis-garis vertikal yang bulat dan berwarna kemerahan (Suryanto,1993).
            Untuk membedakan antara jantan dan betina dapat di lihat melalui bentuk dan alat kelamin yang ada pada bagian tubuh ikan. Ikan jantan memiliki sebuah lubang kelamin yang bentuknya memanjang dan menonjol. Berfungsi sebagai alat pengeluaran sperma dan air seni. Warna sirip memerah, terutama pada saat matang gonad. Ikan betina memiliki dua lubang kelamin di dekat anus, berbentuk seperti bulan sabit dan berfungsi untuk keluarnya telur. Lubang yang kedua berada di belakang saluran telur dan berbentuk bulat berfungsi sebagai tempat keluarnya air seni (Hasni,2008).  
             
Daftar Pustaka
Oktaviani, Atikah.2010. Mengenai Ikan Hiu Dan Ikan Pari. Universitas IslamNegeriSunanKalijaga.https://www.scribd.com/doc/32590576/MAKALAH-KELAS-CHONDRICHTHYES. Diakses 17 April 2016 pukul 20.00
Rahmawati, Anita. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Biologi Berbasis Praktikum Pada Matakuliah Vertebrata Di Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima. Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/31459/24/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf. Diakses 18 April pukul 19.07
Noegraha,Adhiaksa.2010.Ikan pari.https://www.scribd.com/ikan-pari.Diakses 19 April 2016 pukul 18.22

Previous
Next Post »
0 Komentar

Unggulan Post

Warna Feses Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda.

Karikatur Fese dalam usus manusia  Feses merupakan hasil kotoran dari proses pencernaan. Kotoran ini terdiri dari sisa-sisa makanan yang tid...