TANIN

4:17:00 AM
 Tanin
Tanin


 Tanin merupakan senyawa umum yang terdapat dalam tumbuhanberpembuluh, memiliki gugus fenol, memilki rasa sepat dan mampu menyamakkulit karena kemampuannya menyambung silang protein. Jika bereaksi denganprotein membentuk kopolimer mantap yang tidak larut dalam air.


Tanin secara kimia dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu taninterkondensasi dan tanin terhidrolisis. Tanin terkondensasi atau flavolan secara biosintesis dapat dianggap terbentuk dengan cara kondensasi katekin tunggal yang membentuk senyawa dimer dan kemudian oligomer yang lebih tinggi.

Tanin terhidrolisis mengandung ikatan ester yang dapat terhidrolisis jika dididihkan dalam asam klorida encer (Harborne, 1987). Uji tanin dilakukan dengan cara melarutkan ekstrak sampel kedalam metanolsampai sampel terendam semuanya.


 Kemudian ditambahkan 2-3 tetes larutan FeCl3 1%. Hasil positif ditunjukkan dengan terbentuknya warna hitam kebiruan atau hijau (Sangi et al., 2008).
Previous
Next Post »
0 Komentar

Unggulan Post

Warna Feses Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda.

Karikatur Fese dalam usus manusia  Feses merupakan hasil kotoran dari proses pencernaan. Kotoran ini terdiri dari sisa-sisa makanan yang tid...