CILIATA (Ciliophora/Infusoria)

12:30:00 PM

Ciliata berasal dari bahasa Latin, yaitu cilia = rambut kecil, atau ciliophora, yaitu phora = gerakan, bergerak dengan menggunakan silia (rambut getar).  Ciliata juga disebut Infusoria (Infus = menuang) karena hewan ini ditemukan juga pada air buangan atau air cucuran.  Silia terdapat pada seluruh permukaan sel atau hanya pada bagian tertentu. 


Selain berfungsi untuk bergerak, silia juga merupakan alat Bantu untuk makan.  Silia membantu pergerakan makanan ke sitoplasma.  Makanan yang terkumpul di sitoplasma akan dilanjutkan ke dalam sitofaring (kerongkongan sel).  Apabila telah penuh, makanan akan masuk ke sitoplasma dengan membentuk vakuola makanan.

Sel Ciliata memiliki ciri khusus lain, yaitu memiliki dua inti, yaitu makronukleus dan mikronukleus.  Makronukleus berukuran lebih besar daripada mikronukleus.  Makronukleus memiliki fungsi vegetatif, yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan.  Mikronukleus memiliki fungsi reproduktif, yaitu pada konyugasi.  Ciliata juga memiliki trikokis yang fungsinya untuk pertahanan diri dari musuh.

Ciliata hidup bebas di lingkungan berair, baik air tawar maupun laut.  Ciliata juga hidup di dalam tubuh hewan lain secara simbiosis maupun parasit.  Ciliata yang hidup bebas di alam contohnya adalah Paramecium caudatum, Didinium, Stentor, Balantidium, dan vorticella. 

Jenis lainnya hidup bersimbiosis dalam perut hewan pemakan rumput dan berfungsi membantu hewan tersebut mencerna sellulosa yang terdapat dalam rumput.  Hanya sedikit jenis Ciliata yang hidup sebagai parasit.  Salah satunya adalah Balantidium coli.  Ciliata ini hidup pada usus besar ternak atau manusia dan dapat menyebabkan diare (balantidiosis).

Ciliata melakukan reproduksi secara aseksual dan seksual.  Reproduksi aseksual, yaitu dengan pembelahan biner membujur (transversal).  Reproduksi seksual dilakukan dengan konyugasi.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Unggulan Post

Warna Feses Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda.

Karikatur Fese dalam usus manusia  Feses merupakan hasil kotoran dari proses pencernaan. Kotoran ini terdiri dari sisa-sisa makanan yang tid...