PRAKTIKUM DORMANSI BIJI

1:57:00 AM

           Kumpulkan sepuluh biji dari biji yang ingin anda praktikan.  Sepuluh biji tersebut adalah biji yang sehat, sudah diuji kesehatannya dan pilihan terbaik kalian. Kemudian siapkan pada tempat yang kering untuk dipraktikkan. Dibawa ini ada berbagai cara melakukan dormansi biji, pilih salah satunya kemudian ikuti langkah-langkahya sebagai berikut :


1)      Sebagian kulit biji di bagian tidak ada lembaganya, dihilangakan dengan cara menggosok kulit bijinya dengan alat penggosok (batu asah atau kertas gosok). Kemudian di dalam cawan petri berisi kertas saring, dan berilah air aquades secukupnya.
2)      Biji direndam dalam HSO pekat selama 5 menit. Kemudian segera dicuci dengan aquades dan dikecambahkan di dalam cawan petri yang dilapis kertas saring. Beri air secukupnya ke dalam cawan petri.
3)      Biji direndam di dalam HSO pekat selama 15 menit, kemudian dicuci dan dikecambahkan seperti di atas.
4)      Biji direndam di dalam HSO pekat selama 15 menit, kemudian dicuci dan dikecambahkan seperti di atas.
5)      Biji langsung dikecambahkan dalam cawan petri berisi kertas saring, dan beri aquades secukupnya. Air aquades untuk perkecambahan di dalam cawan petri harus diganti setiap hari.

     Amati kapan biji muulai berkecambah pada masing-masing kelompok dan catatlah. Hitung presentase daya kecambah masing-masing kelompok. Percobaan diakhiri setelah dua minggu pengamatan.

Sampai disini dulu yaa, mohon komentar kritik dan saran yang membangun . Terimakasih atas kunjungan anda semua dan sampai jumpa di update berikutnya. Dan jangan lupa kembali berkunjung.



Previous
Next Post »
0 Komentar

Unggulan Post

Warna Feses Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda.

Karikatur Fese dalam usus manusia  Feses merupakan hasil kotoran dari proses pencernaan. Kotoran ini terdiri dari sisa-sisa makanan yang tid...