REVOLUSI INDUSTRI dan DAMPAK NEGATIFNYA

1:52:00 AM

          Pada abad pertengahan, kehidupan di Eropa diwarnai oleh sistemfeodalisme yang mengandalkan sektor pertanian, lazim disebut Latifunia(pertanian tertutup). Hubungan perdagangan antara Eropa dengan dunia timur (Timur Tngah dan Asia lainnya) tertutup setelah perdagangan di Laut Tengahdikuasai oleh para pedagang islam abad ke 8 sampai abad ke 14. Denganmeletusnya perang salib (1096-1291) hubungan Eropa dengan dunia Timur hidupkembali.
             Muncul kota-kota dagang antara lain Geonoa, Florence dan Venesiayang semula menjadi pusat pemberangkatan pasukan salib ke Yerusalem.Lahirnya kembali kota-kota dagang diikuti oleh munculnya kegiatanindustri rumahan (home industry). Dari kegiatan ini terbentuklah Gilda  yaitu perkumpulan dari pengusaha sejenis yang mendapat monopoli dan perlindunganusaha dari pemerintah. Gilda hanya memproduksi jika ada pesanan dan hanya satu jenis barang yang diproduksi misalnya, Gilda roti, Gilda sepatu, Gilda senjata, dll.Sejak 1350 (abad 14) muncul organisasi perserikatan kota-kota dagang di EropaUtara yang disebut Hansa.
 Tujuan pembentukan Hansa adalah untuk bersama-sama melindungi usaha perdagangan didukung oleh armada laut dan pasukansendiri.Revolusi ini ditandai dengan penyebaran pencerahan, kebeerhasilan parafilsuf dan karya-karya mereka. Yang terpenting, dalam kaitannya denganekonomi, mereka bertekad mengurangi dan mengganti kerja kasar atau tenagamanusia dengan mesin.
             Dengan adanya bahan mentah yang melimpah dari tanah jajahan ditambah kecenderungan untuk efisiensi kerja untuk menghasilkan yangsebesar-besarnya, maka perdagangan yang ada saat telah menghapus ekonomisemi-statis abad-abad pertengahan menjadi kapitalisme yang dinamis yangdikuasai oleh pedagang, bankir, dan pemilik kapal. Inilah awal dari perubahanyang cepat dan keras dalam dunia ekonomi yang kemudian memunculkan revolusiindustri, yang bukan hanya bergerak dalam perdagangan, tetapi meluas juga padadunia produksi.

Dampak yang diberikan oleh revolusi industri mencakup beberapa hal yaitu :
1)      Bidang ekonomi :
a)      Barang melimpah dan harga murah
b)      Perusahaan kecil gulung tikar
c)      Perdagangan makin berkembang
d)     Transportasi makin lancer

2)      Bidang sosial :
a)      Berkembangnya urbanisasi
b)      Upah buruh rendah
c)      Munculnya golongan pengusaha dan golongan buruh
d)     Adanya kesenjangan antara majikan dengan buruh
e)      Munculnya “Revolusi Sosial”
f)       Makin kuatnya sifat individualisme & menipisnya rasasolidaritas

3)      Bidang politik
a)      Munculnya gerakan sosialis
b)      Munculnya partai politik
c)      Munculnya imperialisme modern

DAMPAK NEGATIF  REVOLUSI INDUSTRI
            Dampak negatif revolusi industri khususnya di Inggris yaitu upah buruh yang murah menyebabkan timbulnya keresahan yang berakibat padamunculnya kriminalitas dan kejahatan.Buruh anak banyak ditemukan pada masa Revolusi Industri, walaupunsebelum masa Revolusi Industri telah berkembang. Anak - anak dipaksa bekerjadengan gaji yang kecil dan pendidikan yang minim.
             Beberapa jenis kekerasan juga terjadi di tambang batu bara dan industri tekstil. Kejadian ini terus terjadihingga terbentuknya undang - undang pabrik Factory Acts di tahun 1234 dan 1994yang melarang anak dibawah 9 tahun untuk bekerja, anak dilarang bekerja padamalam hari dan jam kerja 12 jam per hari untuk anak dibawah 18 tahun.
            Tempat tinggal pada masa Revolusi Industri beraneka ragam dari kondisirumah yang sangat baik dan pemilik yang makmur hingga perumahan sempit didaerah perkumuhan. Rumah kumuh ini menggunakan toilet bersama serta keadaanlingkungan yang kurang bersih. Berbagai macam penyakit juga kerap terjadiseperti wabah kolera, cacar air.
KESIMPULAN
            Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa munculnya Revolusi Industri diInggris didorong oleh berkembanganya ilmu pengetahuan. Karena banyak penelitian yangdilakukan pada zaman itu mengakibatkan munculnya berbagai penemuan penting salahsatunya, penemuan mesin uap.
            Keadaan tersebut dapat mendorong berbagai industri yang beralih dari tekhnologi mekanik menjadi tekhnologi mesin. Adanya revolusi industritersebut telah membawa banyak pengaruh baik bagi masyarakat Eropa sendiri maupunnegara-negara lainnya.Demikian penuturan mengenai revolusi industri dari kami. Mohon maaf apabilaterdapat kesalahan dalam pengetikan maupun isi.
             Oleh karena itu, mohon komentar kritik dan saran yang membangun untuk kita semua bagaimana cara kita menanggapinya . Terimakasih atas kunjungan anda semua dan sampai jumpa di update berikutnya. Dan jangan lupa kembali berkunjung.


Previous
Next Post »
0 Komentar

Unggulan Post

Warna Feses Bisa Menunjukkan Kondisi Kesehatan Anda.

Karikatur Fese dalam usus manusia  Feses merupakan hasil kotoran dari proses pencernaan. Kotoran ini terdiri dari sisa-sisa makanan yang tid...